header-int

Prestasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang Raih Juara 1

Senin, 30 Agu 2021, 03:46:57 WIB - 473 View
Share
 Prestasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang Raih Juara 1

Judul_Berita : Prestasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang Raih Juara 1 di Lomba Indonesia Periksa Fakta 2

Di masa pandemi covid-19 yang belum kunjung usai jumlah hoax yang kian meningkat, MAFINDO sebagai penyelenggara mengadakan lomba Indonesia Periksa Fakta 2 yang bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasi masyarakat. Kompetisi periksa fakta ini mengangkat tentang hoax-hoax dalam bentuk video, foto atau lokasi yang yang beredar di masyarakat dan peserta diminta untuk memeriksa fakta dan mencari kebenaran/bukti dari hoax tersebut.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) adalah Organisasi Kemasyarakatan yang bertujuan mensosialisasikan bahaya berita bohong (hoaks) dan menciptakan imunitas terhadap hoaks di masyarakat Indonesia. Selain itu, Mafindo merupakan organisasi yang konsen dalam memberantas hoaks, serta melakukan literasi digital dan sudah tersertifikasi International Fact-Checking Network (IFCN). Sampai dengan tahun ini, terhitung Mafindo telah menggelar 4 lomba periksa fakta yang diikuti oleh ratusan peserta pada setiap sesinya. Di tahun ini, Mafindo menyelenggarakan lomba IPF 2 yang diikuti oleh ratusan pendaftar dengan kategori perempuan dan mahasiswa di segala penjuru daerah di Indonesia. Kompetisi ini dilakukan secara daring dan tergolong cukup mudah dalam mendaftar yaitu dengan mengirimkan video singkat yang diunggah di laman media sosial masing-masing peserta.

Atut sendiri yang merupakan mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang mengikuti babak penyisihan sesi ke- 1  yaitu tanggal 27 Juli 2021, sekaligus menjadi babak terakhir penyisihan lomba IPF 2, yang pelaksanannya sendiri dilakukan secara daring. Peserta diberikan waktu sebanyak 120 menit untuk mengerjakan satu soal yang telah disiapkan oleh panitia.

Setelah melewati proses panjang pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 melalui platform media sosial, Mafindo resmi mengumumkan nama-nama peserta yang lolos pada babak final. Di antara nama-nama tersebut, terlihat nama Atut yang akan turut serta mengikuti babak final IPF 2 yang akan diselenggarakan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 76 (Selasa, 17 Agustus 2021). Pada sesi final, peserta yang telah lolos 15 besar mengerjakan soal di babak Final. Pada tahap ini, soal yang diberikan pada sesi final memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dibandingkan dengan babak penyisihan. Jelang sesi pengumuman, peserta lomba turut serta menyimak diskusi bertema “Indonesia Merdeka dari Hoaks” yang melibatkan tokoh-tokoh masyarakat.

Pada akhir acara atau tepatnya sesi pengumuman pemenang lomba, tak terduga nama Atut Pindarwati disebutkan oleh salah satu dewan juri sebagai Juara 1. Dengan prestasi ini harapannya dapat membantu mengedukasi dan menyadarkan masyarakat, untuk terus mengelola dan tanggap akan kebenaran segala informasi yang didapat. Dengan begitu hoaks yang beredar masyarakat akan berkurang dengan sendirinya.

 

Unidha
© 2022 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube