header-int

Group Online Discussion - Internalisasi Peran dan Jabatan Akademik Dosen

Jumat, 12 Jun 2020, 07:44:16 WIB - 60 View
Share
Group Online Discussion - Internalisasi Peran dan Jabatan Akademik Dosen

Pamulang, Sabtu, 6 Juni 2020 telah dilaksanakan sebuah diskusi secara online yang diikuti oleh dosen-dosen MIPA dan Teknik Informatika Universitas Pamulang. Diskusi online ini membahas tentang Internalisasi Peran dan Jabatan Akademik Dosen. Internalisasi itu sendiri seperti yang disampaikan dalam sambutan Dekan Teknik, Syaiful Bakhri, ST., M.ENG.SC., PH.D, adalah untuk menghayati ulang apa peran dosen dan bagaimana untuk mencapai Jabatan Akademik Dosen (JAD) yang terbaik. Karena kualitas dosen yang baik akan mencerminkan kualitas mahasiswa-mahasiswinya. Selain itu, bisa menjadi role model yang bagi bukan hanya untuk mahahasiswa-mahasiswinya, tapi juga untuk dosen-dosen yang lainnya. Beliau pun mengingatkan agar dosen-dosen selalu mengingat akan visi dari Universitas Pamulang, yaitu  menjadi universitas peringkat 40 besar pada tingkat nasional yang dilandasi oleh nilai humanis dan religius pada tahun 2024. Dalam sambutannya, Wakil Rektor II, Dr. Subarto, M.Pd pun mengingatkan hal yang sama. Beliau memotivasi para dosen yang mengikuti dan menyaksikan diskusi online ini untuk dapat lebih meningkatkan pengembangan program studinya. Karena nantinya akan meningkatkan benefit tersendiri untuk mendapatkan Jabatan Akademik Dosen, Kepangkatan, Inpassing, yang berujung adalah meningkatkannya potensi diri sebagai dosen yang memiliki kompetensi dan keprofesionalan sesuai dengan bidang keilmuannya. Sambutan dari Ketua Program Studi Teknik Informatika, Dr. Ir. Sewaka, M.M dan juga Ketua Program Studi Matematika, Yulianti Rusdiana, S.Si., M.Sc. menyampaikan atau berbagi pengalamannya tentang jabatan akademik di dunia pendidikan.

Masuk ke dalam inti acara, penyampaian materi dilakukan oleh dua narasumber. Yang pertama oleh Hendri Ardiansyah, S.Kom., M.Kom dari Program Studi Teknik Informatika. Beliau menyampaikan materi mengenai Jabatan Akademik Dosen (JAD), Program Kerja di Prodi Teknik Informatika yang berkaitan tentang JAD, Teknik Proses Jabatan Fungsional, Tantangan-tantangan yang dihadapi, serta Solusi untuk menanganinya. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan terlebih dahulu tentang Jenjang Kepangkatan Dosen, yang awalnya hanya sebagai Tenaga Pengajar, menjadi Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, hingga Guru Besar.

Untuk dapat meningkatkan jenjang kepangkatan dosen, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan dan disiapkan, seperti : Kualifikasi Akademik, Unsur Utama (Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat), serta Unsur-Unsur Penunjang lainnya. Jabatan Akademik Dosen ini tidak hanya untuk meningkatkan karir dan tunjangan sertifkasi bagi dosen saja, melainkan juga dapat meningkatkan nilai akreditasi bagi Prodi atau Perguruan Tinggi/Institusi. Dalam membantu dan memfasilitasi para dosen di Teknik Informatika untuk melakukan proses kepangkatan dosen ini, bapak Hendri dari bidang SDM Prodi Teknik Informatika menjalankan program-program kerjanya, antara lain : melakukan Sosialisasi terkait JAD, kemudian Pemetaan terhadap dosen-dosen yang sudah memiliki jabatan fungsional atau belum, Pembinaan untuk memotivasi dosen-dosen agar segera memiliki jabatan fungsionalnya, dan juga melakukan Tertib Administrasi agar semua persyaratan pengajuan JAD dapat terpenuhi dengan baik. Semua ini dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk membantu dosen-dosen Prodi Teknik Informatika dalam meningkatkan jenjang kepangkatan dosennya.

Selanjutnya, narasumber kedua, yaitu Ilmadi, MPd, koordinator bidang pendidikan dan pengajaran Prodi Matematika memaparkan materinya tentang Program dan Target Capaian dari Internalisasi Peran dan Jabatan Akademik Dosen. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan beberapa program atau strategi yang telah dan masih berjalan di Prodi Matematika terkait dengan pencapaian target JAD, Sertifikasi Dosen, dan target Doktor per tahunnya di Prodi Matematika. Beberapa strategi yang dilaksanakan adalah :

  • Strategi untuk mencapai Target JAD 2020-2024 :

  • Strategi untuk mencapai Target Sertifikasi 2020-2024 :

  • Strategi untuk mencapai Target Doktor 2020-2024 :

Dari hasil diskusi/tanya-jawab, diketahui terdapat kendala yang dihadapi oleh dosen yang mengajukan jabatan fungsional, seperti kurangnya informasi kelanjutan dari proses pengajuan jabatan fungsional dosen, yang menyebabkan pengajuannya menjadi diulang beberapa kali. Dosen-dosen yang terkendala ini pun tidak mengetahui permasalahannya apa sehingga jabatan fungsionalnya tidak mencapai ke tahap selanjutnya. Kemudian pertanyaan ini pun dijawab oleh Wakil Rektor II, Bapak Subarto menyampaikan bahwa hal ini terjadi karena adanya migrasi sistem yang tadinya manual menjadi online, dan kepegawaian masih butuh waktu karena banyak sekali dosen yang memiliki permasalahan yang sama. Jadi, disarankan untuk dosen bisa terus berkomunikasi baik secara pribadi langsung ke bagian kepegawaian atau melalui program studi.

Hasil akhir dari diskusi online ini, bahwa akan ada tindak lanjut berupa pengarahan dan bimbingan kembali (secara teknis) kepada dosen-dosen terkait pengajuan JAD, khususnya Prodi Teknik Informatika dan MIPA. Dan diwajibkan bagi dosen-dosen untuk mengikutinya, agar semua bisa memiliki jabatan fungsional. Untuk saran kepada program studi, agar dapat menambahkan dosen dari program studi yang membantu proses pengurusan jabatan fungsional dosen, misal dari Teknik Informatika tidak hanya Pak Hendri saja. 

 

 

Link video streaming : https://www.youtube.com/watch?v=I54jGEmPz6I

Unidha
© 2020 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube