header-int

Guline Wetan Untuk Siswa/Siswi Madrasah Aliyah YPI Darussalam Bojongloa

Senin, 30 Agu 2021, 07:52:14 WIB - 120 View
Share
Guline Wetan Untuk Siswa/Siswi Madrasah Aliyah YPI Darussalam Bojongloa

Judul_Kegiatan : Guline Wetan Untuk Siswa/Siswi Madrasah Aliyah YPI Darussalam Bojongloa

Pada Sabtu, (6/12/2021) Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diberi judul GULINE WETAN . kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah mahasiswa semester 5 dari kelas 05TPLE005 beranggotakan 10 orang yang di Ketuai oleh Saudara Fransisco dengan Dosen pembimbing Bapak Reza Saputra S.Kom, M.Kom dan bekerja sama dengan YPI Darussalam Bojongloa Cisoka. kegiatan PKM ini berjalan sukses dan lancar. Adapun kegiatan ini merupakan program wajib dari Universitas Pamulang yang dilakukan oleh mahasiswa pada semester 5.


Gambar 1: Foto Tim PKM dan Peserta PKM

Beralamatkan di Jl. Raya Cangkudu - Cisoka, Bojongloa, Kec. Cisoka, Tangerang, Banten, sasaran program pengabdian masyarakat ini adalah anak-anak muda Siswa dan Siswi Madrasah Aliyah YPI Darussalam Bojong Loa Cisoka. Kami selaku penyelenggara sangat berterima kasih dan senang atas antusias para remaja dalam mengikuti kegiatan ini. Besar harapan kami dengan adanya PKM ini anakanak lebih bersemangat dalam belajar dan peduli terhadap cita-cita mereka dimasa depan agar mampu menjadi pelopor kemajuan teknologi Indonesia. Guline Wetan (Guna Online cara membuat Website Instan) adalah sebuah metode pengenalan Guna Online khususnya untuk pengenalan awal adalah cara membuat Website Instan. Hal ini sangat penting karena pengenalan pembuatan suatu website instant dapat mengembangkan inovasi dan kreasi bakat generasi muda yang nantinya akan mampu membuat Website statis atau website dinamis mereka sendiri.

Materi disampaikan oleh Saudara Faris Akbar, Saudara Fransisco dan Saudara Ilham Mutaqin. Dalam penyampaian awal Siswa dan Siswi Madrasah Aliyah dikenalkan apa itu Website dan kelebihannya kemudian dilanjutkan cara pembuatan Website Instan. pada tahap ini anak-anak langsung melakukan uji coba membuat sendiri Website Instan mereka menggunakan Web Builder Wordpress dan didampingi langsung oleh Kakak-kakak dari Mahasiswa Teknik Informatika UNPAM. Dan hasilnya anak-anak memliki website dengan nama mereka sendiri.


Gambar 2: uji coba peserta membuat sendiri Website Instan

Kemudian kami memamerkan unjuk hasil nyata Guna Framework yang dapat diakses di situs www.gunaframework.com yang dibuat salah satu anggota kelompok PKM kami saudara Ilham Mutaqin, merupakan sebuah program kerangka kerja pembuatan aplikasi dekstop yang sudah didownload lebih dari 100 lebih negara-negara di dunia dan Guna Framework ini baru yang pertama di Indonesia. Mengatakan bahwa Barang siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan kesuksesan dan Tidur bukan berarti tidak produktif. Dan bekarja bukan berati harus melakukan pekerjaan. Oleh karena itu kami  memberikan motivasi yang dapat membangun minat anak-anak siswa dan siswi Madrasah Aliyah YPI Darussalam terhadap dunia online, dan tanya jawab tentang ilmu pengetahuan dan diselingi pemberian doorprize bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan dari kami.

Adapun tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah anak-anak mendapatkan informasi mengenai manfaat Guna Online cara membuat Website Instan, manfaat menjadi Programer, manfaat membuat website statis dan dinamis sehingga  anak-anak semangat dalam belajar dan peduli terhadap cita-cita mereka dimasa depan.


Gambar 3: Foto Tim PKM, Dosen Pembimbing dan Ketua Yayasan YPI Darussalam

Penulis : Fransisco (Mahasiswa Prodi Teknik Informatika S1, Universitas Pamulang)

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube