header-int

Kegiatan Webinar Machine Learning dan Analisa Big Data untuk Inovasi dan Bisnis

Sabtu, 10 Apr 2021, 08:49:13 WIB - 219 View
Share
Kegiatan Webinar Machine Learning dan Analisa Big Data untuk Inovasi dan Bisnis

Machine learning dan big data di era revolusi 4.0 sangat pesat berkembang, khususnya dari pemanfaatan teknologi baik di bidang sector Pendidikan, pertanian ataupun bisnis. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia industry dan Pendidikan untuk mengembangkan pemodelan untuk machine learning agar model pembelajaran searah dengan perkembangan dunia industri. Machine learning sangat berkaitan dengan kecerdasan buatan yang mana kecerdasan buatan ini dimodelkan oleh manusia agar tercipta mesin-mesin yang “pintar” dalam membantu kegiatan manusia.

Oleh karena itu, dengan adanya tuntutan perkembangan teknologi yang ada, maka hari Kamis (8/April/2021) Universitas Pamulang mengadakan Webinar dengan tema “Machine Learning dan Analisa Big Data untuk Inovasi dan Bisnis”. Webinar ini diselenggarakan oleh prodi Teknik Informatika dengan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom (Guru Besar Ilmu Komputer IPB) dan Sofa Sofiana, S.Kom., M.Kom (dosen Universitas Pamulang).

Acara ini disambut oleh kaprodi Teknik Informatika pak Achmad Udin Zailani, S.Kom, M.Kom, beliau mengatakan bahwa peserta webinar ini berjumlah 2.567 peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 1, 2 dan 3. Hal ini merupakan kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh mahasiswa minimal 1 kali dalam 1 semester, dan Prodi akan terus meng-update keilmuan-keilmuan baru untuk menambah softskill mahasiswa.

Selanjutnya pak Dekan Fakultas Teknik yaitu Syaiful Bakhri, S.T., M.Eng.Sc.Ph.D ikut memberikan semangat untuk rekan-rekan mahasiswa dan dosen, karena sesuai dengan SK Rektor  no. 28 desember tahun 2020 mengkayakan knowledge, untuk menghidari kejenuhan judul skripsi, untuk meningkatkan kolaborasi antar mahasiswa dan dosen, meningkatkan kolaborasi antar prodi dengan fakultas, sehingga penting dan tepat tema webinar kali ini yaitu machine learning dan analisis bigdata. Oleh karena itu harapannya kolaborasi antar mahasiswa dengan kampus-kampus lain sangat di harapkan, karena big data ini sifat umum dan dapat diimplementasikan kedalam objek-objek seperti akutansi, kelistrikan dan lain-lain. Diakhir kata pak dekan juga menyapaikan bahwa sesuai dengan adanya kampus merdeka merdeka belajar diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan bigdata dengan pihak-pihak luar.

Kemudian Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd selaku Warek 1 yang membuka jalannya webinar, juga memberikan paparan sedikit mengenai keterkaitan antara machine learning dan Analisa big data dari sisi inovasi dan bisnis. Ditinjau dari kurikulum sekarang universitas pamulang mempunyai matakuliah kewirausahaan, sehingga sangat relevan dengan inovasi dan bisnis. Beliau juga memaparkan bahwa perkembangan inovasi dan bisnis yang menggunakan machine learning dan bigdata berdasarkan tren beberapa tahun belakangan ini kian meningkat khususnya e-commerce dan start-UP. 86% pengguna internet sudah menggunakan E-commerce berjumlah 1.68juta seindonesia dan 2.219 di tahun 2021. Hal ini merupakan sebuah kesempatan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik informatika untuk mengembangkan bidang e-commerce dan start-Up ini. Dan berdasarkan kebijakan pemerintah dari kampus merdeka merdeka belajar salah satunya adalah kewirausahaan. Kewirausahaan adalah untuk menumbuhkan jiwa enterpreuner dengan pengajuan-pengajuan proposal. Sebelum menutup pemaparannya bapak warek 1 menantang mahasiswa untuk mengamalkan tri darma perguruan tinggi, yaitu dengan mengembangkan riset tidak hanya untuk menyelesaikan program sarjana sebagai kewajiban namun dapat menghasilkan produk program sistem yang dapat di manfatkan oleh kewirausahaan, Pendidikan dan media pembelajaran.

Jalannya webinar ini di pandu oleh moderator yaitu bapak Hadi Zakaria S.Kom, M.Kom, jalannya webinar ini berjalan via Zoom dan Live streaming Youtube. Dalam pemaparan narasumber pertama kita yaitu bapak sofa sofiana S.Kom, M.Kom, memaparkan aplikasi-aplikasi yang sudah di sisipkan machine learning dan Artificial intiligent didalam bidang marketing dan bisnis, seperti aplikasi kofera, home credit, ant financial, smart car, google recommendation. Dan dari perbankan perkembangan AI serperti Fraud deteksi, rekomendasi produk, chat bot (assisten pribadi virtual). Jadi big data didalam dunia bisnis sangat berkaitan erat dengan banyaknya data, memiliki data dan mampu mengolahnya menjadi sebuah informasi atau penunjang keputusan. Sehingga diakhir pemaparannya ada tiga kesimpulan yang di berikan kepada mahasiswa mengenai machine learning dan bigdata didalam bidang inovasi dan bisnis ini. Data understanding-data Drivent Company, Company platforms that happen to be mobile, dan the world’s most valueable resource in no longer oil, but data.

Pemaparan narasumber kedua yaitu Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom (Guru Besar Ilmu Komputer IPB), menjelaskan tentang untuk mendapatkan menjalankan machine learning perlu yang Namanya perhitungan dari statistic, sehingga menjadi otomatisasi dan dapat mengoptimasi didalam matematika.  Dan algoritma, matematika dan statistic merupakan 3 hal penting untuk mempelajari machine learning. Jika belajar machine learning akan ada 5 pertanyaan yaitu bagaimana data yang digunakan untuk membangun dalam machine learning?, lalu bagaimana type pembelajarannya?, bagaimana konsep teori yang di bangun untuk model machine learning?, Teknik-teknik dalam machine learningnya, dan task dalam Machine learning. 3 bagian dari data didalam proses machine learning yaitu data training, data testing dan data validasi. Data-data ini akan di oleh melalui 5 pertanyaan untuk mempelajari machine learning. Ada beberapa produk hasil dari machine learning untuk inovasi dan bisnis seperti robot pengangkat rak secara otomatis di hipermarket, digital payment system, gojek, belanja online. Jadi sekarang sudah banyak model-model pembelajaran machine yang sudah diterapkan diberbagai aspek sebagai kegiatan ekonomi baik nasional maupun dunia. Karena dengan adanya machine learning kita dapat melakukan segmentasi pasar, dan membangun perusahaan-perusahaan digital yang berbasis IT. Jadi menurut Prof. Agus dengan adanya machine learning konten-konten digital semakin lebih relevan dibandingkan sebelumnya. Karena dapat memprediksi dan mengenali pasar. Dan ada prediksi 2025-2030 adanya perkembangan medical nano robot, adanya 3D printed human organs dan teleport manusia. Jadi perkembangan kedepan yang sangat mungkin terwujud di tahun 2045 adanya Quantum computer. Diakhir pemaparannya Prof Agus menyimpulan bahwa Machine learning adalah kunci kekuatan, optimasi bisnis di berbagai industry menggunakan standar yang perlu dikejar dalam dunia industry, perusahaan mulai membangun man power dengan merekrut sumber data manusia unggul yang mampu menerapkan machine learning.

Dengan pemaparan dari Prof. Agus maka berakhir pula acara webinar ini setelah adanya sesi tanya jawab. Akhirnya kegiatan webinar ini selesai dengan terpilihnya 10 pertanyaan terbaik dari mahasiswa baik yang live Zoom dan Live Streaming youtube. Sekian pemaparan dari kami Tim seminar Program Studi Teknik Informatika untuk materi lengkao bisa di simak di live streaming youtube https://www.youtube.com/watch?v=Sz8N1cQg7oY, semoga kegiatan kami ini dapat membawa manfaat bagi mahasiswa dan orang banyak.

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube