header-int

Kerjasama berupa penerapan dan pelatihan sistem informasi profil sekolah menggunakan wordpress

Senin, 12 Apr 2021, 10:15:21 WIB - 212 View
Share
Kerjasama berupa penerapan dan pelatihan sistem informasi profil sekolah menggunakan wordpress

Keberadaan website untuk menampilkan data tentang profil, kegiatan dan informasi lainnya merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat dihindari lagi seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin modern. Teknologi informasi (internet) telah menjadi bagian penting dalam semua sektor termasuk perkembangan dunia pendidikan.

Website dapat menjadi pusat informasi bagi dunia pendidikan khususnya sekolah, website juga merupakan salah satu bentuk identitas sekolah yang baru di zaman era informasi 4.0 saat ini agar informasi tentang sekolah dapat dengan mudah ditemukan.

Website informasi sekolah sangat bermanfaat bagi para calon murid dan orang tua atau wali murid, mereka dapat melihat informasi yang terbarukan mulai dari jadwal pendaftaran dan informasi penting lainnya, sehingga mereka tidak terlewatkan informasi penting tanpa harus datang ke sekolah untuk mendapatkan informasi tersebut. Selain itu, website sekolah merupakan salah satu parameter nilai ketanggapan sekolah terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era digital saat ini.

Dosen atau tenaga pengajar pada Universitas Pamulang tidak hanya bertanggung jawab terhadap mendidik mahasiswa dengan baik, namun juga ada hal lain yang harus dilakukan sebagai bentuk Tri Darma. Pada Tri Dharma memiliki 3 komponen yaitu: Pendidikan, Pengabdian dan juga Penelitian.

Pada kegiatan Kami kali ini, kami melakukan kegiatan Tri Dharma dengan sub Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah SMK Dharma Siswa Tangerang. Sekolah SMK Dharma Siswa Tangerang dengan kepala sekolah Sari Lestari Nasution S.Pd berdiri pada tanggal 13 September 2008 yang beralamatkan di Jalan Teuku Umar No.76 RT.001/001, Kel. Nusa Jaya, Kec. Karawaci Kota Tangerang, Banten. Sekolah SMK Dharma Siswa Tangerang memiliki tiga jurusan/program unggulan yaitu jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Gambar 1 : Sekolah Dharma Siswa Tangerang

Kami para dosen Universita Pamulang di ketuai oleh Pandu Wiliantoro, S.Kom., M.Kom. dan beranggotaan Tri Prasetyo, S.Kom., M.Kom., Riky Susanto, S.Kom., M.Kom., Aldi Feridanto, S.Kom., M.Kom. dan Juri Pebrianto, S.Kom., M.Kom. melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Sekolah Dharma Siswa pada tanggal 6 April 2021. Sebelum nya kami melakukan observasi dengan wawancara mengenai kebutuhan Sekolah Dharma Siswa terkait dengan penerapan teknologi sebagai mana kami para Dosen Universitas Pamulang pada program studi teknik informatika. Kami melakukan wawancara sebagai sara mendapatkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan Sekolah Dharma Siswa.

Setelah meneliti lebih lanjut, kami menemukan ada banyak sekolah yang masih belum memiliki website sebagai sistem informasi yang memuat informasi tentang sekolah, maka dari padai itu, Kami sebagai tenaga pengajar sekaligus praktisi dalam bidang teknologi, memiliki obsesi kedepannya untuk bisa mengabdikan diri kepada Masyarakat khususnya dunia pendidikan sekolah dasar sampai sekolah menengah atas dan sederajat yang belum memiliki website sekolah sebagai sistem informasi dengan tujuan agar sekolah-sekolah dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan dapat diakses dari manapun dan kapanpun.

Sampai saat Kami melakukan Pengabdian kepada Masyarakat, Sekolah Dharma Siswa belum memiliki website resmi, maka dari pada itu pada kegiatan pengabdian ini, kami membuatkan sistem informasi website kepada sekolah Dharma Siswa, kami mengusung judul pada kegiatan kali ini adalah PENERAPAN DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI PROFIL SEKOLAH MENGGUNAKAN WORDPRESS.

Sebelumnya, kami membuatkan sistem infomasi berbasis website menggunakan CMS Wordpress setelah sistem informasi dibuat, Kami taruh dalam sebuat hosting yang nantinya agar bisa diakses 24 jam, agar bisa disajikan sebagai informasi, Kami juga membantu sekolah Dharma Siswa dengan pengurusan dan penyewaan domain dengan ekstensi SCH.ID, dimana domain SCH.ID hanya dikhususkan bagi sekolah saja.

Setelah proses pembuatan sistem informasi sampai dengan dapat diakses, Kami pun membuatkan pedoman penggunaannya, namun karena keterbatasan sumber daya manusia pada sekolah Dharma Siswa, Kami pun melakukan pelatihan untuk bagaiamana sitem informasi ini dapat diolah oleh pihak sekolah kedepannya. Kami memberikan pelatihan kepada Staf dan Guru sekolah Dharma Siswa bagaimana cara mengoprasikan Content Management System yang sudah kami buat.

Gambar 2 : Pelatihan Pengoprasian Sistem Informasi Wordpress pada Staf & Guru Sekolah Dharma Siswa Tangerang

Para Mahasiswa Universita Pamulang pun turut membantu pada berlangsungnya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, mereka membantu segala persiapan pada saat acara mulai dari pembagian konsumsi sampai pengambilan gambar sebagai dokumentasi. Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang kami lakukan di sekolah Dharma Siswa Tangerang ini bisa dilihat, kegiatan dosen dan mahasiswa tidak hanya didalam kelas, namun juga kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Gambar 3 : Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dihadiri oleh staf dan guru serta mahasiswa Universitas Pamulang

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di Sekolah Dharma Siswa Tangerang berjalan dengan lancar dan aman karena menerapkan protokol kesehatan, semua peserta dan dosen menggunakan masker dan sudah membersikan tangan dengan mencuci tangan sebelum masuk keruangan.

Pengabdian kepada Mayarakat dengan judul PENERAPAN DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI PROFIL SEKOLAH MENGGUNAKAN WORDPRESS sudah selesai disampaikan dan menghasilkan www.dharmasiswa.sch.id sebagai sistem informasi berbasis website yang berisikan informasi sekolah Dharma Siswa. Besar harapan kmai agar Dharma Siswa Tangerang dapat berkembang dan dapat bersaing dengan sekolah lainnya dengan meningkatkan kualitas dan fasilitas yang akan di informasikan lewat sistem informasi yang sudah dibuat pada kegiatan PkM ini.

Gambar 4 : Penyerahan piagam dari Universitas Pamulang ke Sekolah Dharma Siswa dan sebaliknya

Atas rahmat Allah subhanahu wa ta'ala, kegiatan Pengabdian kepada Mayarakat dari pada Dosen Universitas Pamulang kepada Sekolah Dharma Siswa selesai dilaksanakan, kami berterima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang dan sekolah SMP & SMK Dharma Siswa Tangerang yang sudah memberikan kesempatan pada kegiatan PkM ini.

 

 

 

 

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube