header-int

Membangun Budaya Literasi Membaca Siswa Menuju Pendidikan Berkualitas

Selasa, 14 Des 2021, 10:41:27 WIB - 598 View
Share
Membangun Budaya Literasi Membaca Siswa Menuju Pendidikan Berkualitas

Pada tanggal 12 Desember 2021, hari minggu Prodi Teknik Informatika khususnya Prodi Teknik Informatika dan dosen pengembang Teknik Informatika mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada sekolah SMA Pesantren Unggul Al Bayan Anyer - Yayasan Tiara Cendekia. Pengabdian ini upaya memberikan sebuah penambahan sebuah informasi baik dari ilmu maupun informasi tentang perkembangan dunia pendidikan. Judul dari Pengabdian ini adalah "Membangun Budaya Literasi Membaca Siswa Menuju Pendidikan Berkualitas", Pada acara ini dibuka oleh ibu Lisda Fitriana Masitoh, S.Pd., M.Pd. sebagai pembawa acara, selanjutnya ber-isikan pengenalan lingkungan sekolah yang disampaikan oleh kepala sekolah SMA Al Bayan, Pa Deden Ramdani, M.Pd. Pa Deden Ramdani, M.Pd memberikan informasi terkait lingkungan sekolah dan kondisi siswa hingga perkembangan siswa setelah lulus, dari informasi yang diberikan dapat ditarik kesimpulan, terdapat pengembangan sekolah lanjut ke perguruan tinggi. 

Prodi Teknik Informatika didalam pengabdian kepada masyarakat ini juga mengajak kerja sama sekolah SMA Al Bayan dalam program pengambangan siswa - siswa disana. Selanjutnya pengenalan sekolah disambung oleh Wakasek Humas: Fakhrudin Ultsa, S.E.I, pengenalan lingkungan di-paparkan juga lebih lengkap dan terdapat capaian capaian sekolah dalam meningkatkan pesantren unggul. 

Materi dari prodi teknik informatika pada sesi selanjutnya di berikan oleh Pa Yan Mitha Djaksana, S.Kom., M.Kom. selaku wakil kaprodi Teknik Informatika, didalam materinya, pa Yan memberikan sebuah pengantar berisi pentingnya sebuah sekolah yang berkualitas dilihat dari banyaknya referensi ilmu didalam sekolah tersebut dimana nantinya referensi itu menjadikan pengantar kepada siswa dalam mencari ilmu atau mengkaji ilmu yang akan siswa butuhkan.
Penyampaian materi kedua dilanjutkan oleh pa Wasis Haryono, S.Kom., M.Kom., di dalam materi kedua ini, Pa Wasis memberikan sebuah nasehat terkait kedisiplinan ilmu dan pentingnya sebuah ilmu yang jujur, dimana ilmu yang jujur adalah awal dari ilmu yang membuka bagi siswa, Begitu juga materi dilanjutkan oleh pa Alvino Octaviano, S.T., M.Kom., menyambung materi kedua, yang memberikan definisi dari perkembangan ilmu dan penerapan apa saja yang dapat di terapkan oleh siswa nantinya.

Pemaparan lanjutan juga di sampaikan oleh Pa Hadi Zakaria, S.Kom., M.M., M.Kom., yang memberikan kesimpulan dan dari penyampaian materi yang disampaikan, dan penutup di-pimpin oleh Wasis Haryono, S.Kom., M.Kom. dalam menyampaikan doa. Diharapkan kegiatan PKM ini dapat memberikan hubungan kerja sama seterusnya yang dilakukan oleh Prodi Teknik Informatika dan Seklah SMA Al Bayan.

Unidha
© 2022 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube