header-int

Pelatihan Dasar Full-Stack Programming Network Bagi Siswa SMK Bintang Nusantara

Selasa, 05 Jul 2022, 05:52:11 WIB - 102 View
Share
Pelatihan Dasar Full-Stack Programming Network Bagi Siswa SMK Bintang Nusantara

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bintang Nusantara merupakan salah satu sekolah yang mengalami dampak dari pandemi covid-19 dimana siswa-siswi kurang mendapatkan materi pembelajaran baik secara teori dan praktik. Berdasarkan hasil dari observasi di SMK Bintang Nusantara, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan merupakan jurusan yang memiliki rata-rata nilai yang kurang memenuhi kompetensi minimum. Mata pelajaran kompetensi dari jurusan TKJ adalah mata pelajaran Pemrograman dan Jaringan.  Pemrograman biasanya menulis atau membuat kode perintah-perintah dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah sejumlah kata kode, dan symbol yang membuat programmer dapat menyampaikan perintah kepada komputer. Pada SMK Bintang Nusantara bahasa pemrograman yang digunakan pada materi pembelajaran adalah HTML dan CSS.     Sedangkan Komputer dan Jaringan Dasar yg merupakan mata pelajaran pada kelas X (sepuluh) dimana menggunakan Cisco Packet Tracer sebagai aplikasi simulator. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. Permasalahan mitra yang dialami saat pandemi ini yaitu kurangnya materi pembelajaran serta bekal ilmu yang didapat siswa. Banyak siswa-siswi memiliki nilai dibawah rata-rata minimum pada satuan kompetensi kejuruan. Nilai yang dibawah rata-rata akan kesulitan mengikuti ujian sekolah secara teori maupun praktik. Bagi siswa yang memiliki nilai minimum kompetensi akan kesulitan untuk mencari pekerjaan nantinya. Dengan rata-rata kelulusan yang kurang maka akan berdampak pada nilai akreditasi sekolah itu sendiri. Universitas Pamulang Program Studi Teknik Informatika bersama SMK Bintang Nusantara dalam menentukan permasalahan prioritas yang disepakati untuk diselesaikan selama pelaksanaan program PkM ini yaitu Pelatihan Dasar Full-Stack Programming Network Bagi Siswa Smk Bintang Nusantara.


Tampak Gedung SMK Bintang Nusantara

Kami para dosen Universitas Pamulang di ketuai oleh IIs Istiqomah, M.Kom beranggotakan, Sutrisno, M.Kom dan Okta Irawati M.Kom. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat berkoordinasi dengan Koordinator Pendidikan untuk mengadakan fasilitas dan kegiatan ini untuk siswa-siswi SMK Bintang Nusantara. Setelah berkooridinasi dengan pihak sekolah, barulah kami menyampaikan terkait Pelatihan Dasar Full-Stack Programming Network Bagi Siswa Smk Bintang Nusantara, bertujuan agar siswa/i dapat menambah materi pembelajaran para peserta didik/ siswa dalam mengatasi kurangnya kompetensi minimum mata pelajaran Pemrograman dan Komputer dan Jaringan dasar. Sehingga dalam situasi pandemi ini peserta didik masih mampu bersaing dengan standar kompetensi kelulusan. Ada beberapa pendapat mengapa peserta didik perlu mendapat pelatihan dasar full-stack programming network. 
Sebelum memasuki tahap awal pemberian materi, Kepala SMK Bintang Nusantara dan Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kepala SMK Bintang Nusantara memberikan sambutan dan memberikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang sudah terjalin.

Tahap awal pemberian informasi jaringan dan bahasa pemrograman secara umum, memberikan gambaran tentang Bahasa C dan Java. Materi pelatihan disampaikan dengan menggunakan du acara yang pertama secara online dan kemudian yang kedua secara praktik di laboratorium SMK Bintang Nusantara.  Narasumber atau pemateri yaitu Okta Irawati, M.Kom.

Tahap selanjutnya adalah penjelasan secara rinci atau praktik terkait Full Stack Network  yang disampaikan oleh Okta Irawati, M.Kom. Pelaksanaan Praktik dilaksanakan di dua ruang laboratorium. Pelatihan dengan praktik memberikan solusi dengan permasalahan full stack network yang sangat sulit. Praktik secara langsung membuat jaringan dengan memasukan bahasa perograman menggunakan komputer yang sudah terkoneksikan dengan internet.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan pada SMK Bintang Nusantara berjalan dengan lancar dan baik. Kami menerapkan protokol Kesehatan, semua peserta dan dosen serta mahasiswa memakai masker dan membersihkan tangan. Semoga apa yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat terhadap siswa/i SMK Bintang Nusantara dapat bermanfaat dengan baik, dengan meningkatnya pengetahuan tentang jaringan dan bahasa pemrograman. Demikian atas ijin dan rahmat Allah, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari para Dosen Universitas Pamulang kepada SMK Bintang Nusantara selesai dilaksanakan. Kami juga berterima kaasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang dan SMK Bintang Nusantara yang sudah memberikan kesempatan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Penanggung Jawab Berita/Kegiatan : Okta Irawati, M.Kom.

Unidha
© 2022 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube