header-int

Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Online Menggunakan Wondershare Filmora Pada Guru-Guru

Senin, 03 Mei 2021, 09:08:09 WIB - 382 View
Share
Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Online Menggunakan Wondershare Filmora Pada Guru-Guru

Ditulis Oleh : Meidy Fajar Wahyu, S. T., M. Kom
Judul PKM : Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Online Menggunakan Wondershare Filmora Pada Guru-Guru Sekolah Alia Islamic School Tangerang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah berperan penting dalam kemajuan dunia, juga termasuk kemajuan dalam bidang pendidikan. Pengembangan dalam dunia pendidikan banyak berbagai cara, terutama dalam pengembangan teknologi, internet serta pemanfaatan terkait perangkat lunak (software) aplikasi. Hal ini selalu dikaji dan dikaji terus agar selalu mendapatkan hasil yang sangat baik didalam metode pengajaran dan pembelajaran.

Pendekatan, metode, dan media yang diterapkan dalam proses pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan ketepatan target untuk proses pengajaran. Materinya pun disesuaikan sesuai target para peserta didik, baik itu kalangan SD, SLTP, hingga SLTA. Tentunya para pengajar harus belajar agar menambah wawasan pengetahuan untuk proses penyampaian media yang melingkupi video, gambar dan suara.
Berkembangnya teknologi informatika terkait dunia pendidikan yaitu E-learning, E-learning telah memainkan peran yang sangat penting dalam pengajaran dan pembelajaran. E-learning adalah hal baru dididalam dunia pendidikan, ini juga yang dimaksud dengan distance education yakni sistem pendidikan jarak jauh yang berhubungan dengan media computer dan telekomunikasi. Dengan teknologi E-learning ini dunia pendidikan sangatlah terbantu karena tidak ada halangan terkait pembelajaran, semua pembelajaran bisa terus berjalan baik dengan internet.
Dosen atau tenaga pengajar pada Universitas Pamulang terus berkembang dan berkreatif, tidak hanya melakukan metode pengajaran dan pembelajaran terhadap mahasiswa. Akan tetapi juga melakukan hal yang terpenting dalam perguruan tinggi yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi. Inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Untuk itu, Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi, bukan hanya mahasiswa, melainkan dosen, dan berbagai sivitas akademika yang terlibat.
Pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan, kami melakukan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan pada Guru-Guru Sekolah ALIA Islamic School Tangerang. Sekolah ALIA Islamic School dengan Kepala Koordinator yang menangani Pendidikan yaitu Bapak Ahmad Fauzi, M. Si, yang beralamatkan di Perum Dasana Indah Blok SO rt/rw 006/016 Bojongnangka, Kelapa Dua, Tangerang – Banten. Sekolah ALIA Islamic School Tangerang ini melingkupi SD, SMP, SMA Islam Terpadu.

Gambar 1. Tampak Pintu Masuk Sekolah ALIA Islamic School

Gambar 2. Tampak Sekolah ALIA Islamic School

Kami para dosen Universitas Pamulang di ketuai oleh Meidy Fajar Wahyu, S. T., M.Kom., dan beranggotakan Nanang, S. Kom., M. Kom., Lely Panca Andriyanto, S. Kom., M. Kom., dan Amin Hidayat, S. Kom., M. Kom. Kegiatan ini kami laksanakan pada tanggal 08 April 2021. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat berkoordinasi dengan Koordinator Pendidikan untuk mengadakan fasilitas dan kegiatan ini untuk para guru-guru di sekolah ALIA Islamic School.

Setelah berkooridinasi dengan pihak sekolah, barulah kami menyampaikan terkait Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Online Menggunakan  Wondershare Filmora pada Guru-Guru Sekolah ALIA Islamic School Tangerang, bertujuan agar para guru-guru dapat memaksimalkan dalam aplikasi perangkat lunak pada computer serta meningkatkan proses pembelajaran pada E-learning. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan motivasi terkait meningkatkan pembelajaran online, khususnya pada pembuatan video dengan aplikasi wondershare filmora, agar para guru-guru dapat terus berkreasi untuk memberikan pembelajaran, serta para peserta didik juga mudah dalam memahami pada proses pengajaran.

Dari hal ini, kami memulai dengan beberapa tahap penyampaian pelatihan, seperti :

  1. Bagaimana cara memulai aplikasi wondershare filmora, tentunya dengan cara diinstal terlebih dahulu untuk aplikasi tersebut.
  2. Bagaimana cara memahami pemilihan media atau untuk tampilan thumbnail nya, agar video yang akan dibuat sesuai untuk media yang akan kita kirim, baik itu whatsapp, youtube, Instagram, dan lain-lain.
  3. Bagaimana cara membuat video, dari membuat video opening, memasukkan media gambar, memasukkan media suara, teks, serta tambahan-tambahan lainnya agar video yang akan dibuat semakin menarik.


Gambar 3 Sesi Awal Pembukaan Pelatihan

Hal diatas disampaikan oleh Bapak Lely Panca Andriyanto, S. Kom., M. Kom., memperkenalkan terlebih dahulu asal para panitia melakukan pelatihan ini serta memperkenalkan kegiatan ini diselenggarakan oleh kampus Universitas Pamulang yang diwakilkan para dosen untuk memenuhi salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Gambar 4 Sesi Awal Penjelasan Aplikasi

Hal ini yang disampaikan oleh Bapak Amin Hidayat, S. Kom., M. Kom., memberikan gambaran umum tentang pengetahuan beragamnya aplikasi editing video, dari yang free hingga yang berbayar, dari yang biasa-biasa saja hingga yang aplikasi untuk professional. Para peserta guru-gurupun sangat memperhatikan dengan baik dn mereka berinteraksi dengan baik pula. Pada sesi ini permasalahan terkait video editing terselesaikan, karena banyaknnya aplikasi dan tentunya harus disesuaikan dengan user atau sesuai yang dibutuhkan dalam pembuatan video pembelajaran.


Gambar 5 Sesi Pelatihan Aplikasi Wondershare Filmora

Momen Pelatihan yang disampaikan oleh Bapak Nanang, S. Kom., M. Kom., memberikan penjelasa rinci terkait aplikasi wondershare filmora. Pelatihan yang dijelaskan cukup untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang ada, seperti bagaimana cara memulai aplikasi, bagaimana cara memahami pemilihan media atau untuk tampilan thumbnail nya, agar video yang akan dibuat sesuai untuk media yang akan kita kirim, baik itu whatsapp, youtube, Instagram, dan lain-lain, serta bagaimana cara membuat video, dari membuat video opening, memasukkan media gambar, memasukkan media suara, teks, serta tambahan-tambahan lainnya agar video yang akan dibuat semakin menarik. Mahasiswa pun ikut membantu dalam berlangsungnya Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dalam hal dokumentasi pembagian konsumsi serta berkomunikasi kepada guru-guru yang mengikuti pelatihan. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan pada Sekolah ALIA Islamic School Tangerang berjalan dengan lancer dan baik. Kami juga menerapkan protokol Kesehatan, semua peserta dan dosen serta mahasiswa memakai masker, membersihkan tangan, dan menjaga jarak. Semoga apa yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat terhadap Guru-Guru Sekolah ALIA Islamic School dapat bermanfaat dengan baik, dengan meningkatnya pengetahuan pembuatan video dalam E-learning.


Gambar 6 Sesi Penyerahan Piagam dari Universitas Pamulang.

Demikian atas ijin dan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari para Dosen Universitas Pamulang kepada Sekolah ALIA Islamic School Tangerang selesai dilaksanakan. Kami juga berterima kaasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang dan Sekolah SD, SMP, SMA ALIA Islamic School Islam Terpadu yang sudah memberikan kesempatan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

 

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube