header-int

Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Untuk Guru Smp Islam H

Kamis, 18 Nov 2021, 09:30:30 WIB - 40 View
Share
Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Untuk Guru Smp Islam H

PELATIHAN PEMBUATAN KUIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL UNTUK GURU SMP ISLAM HIDAYATUL ATHFAL

Pada periode Akademik Semester Ganjil 2021 / 2022 ini dari kelompok Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen yang diketuai oleh Widyah Noviana, S.Pd., M.Pd., yang beranggotakan Sri Wahyuni, S.Pd.I., M.Pd.I., Kusumawati, S.IP., MA., dan Harumi Widihastuti, S.S., M.M. telah melakukan kegiatan PkM untuk guru di SMP Islam Hidayatul Athfal. Sekolah ini berlokasi di Jalan Persahabatan No. 9 RT. 06/02 Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Sasaran dalam PkM ini yaitu guru-guru di SMP Islam Hidayatul Athfal. Pada PkM ini para guru di SMP Islam Hidayatul Athfal diberikan materi tentang  “Pembuatan kuis interaktif menggunakan aplikasi quizizz dan wordwall” untuk meningkatkan pengetahuan dalam pembuatan media pembelajaran, khususnya dalam melakukan evaluasi pembelajaran pada masa pandemi covid - 19.  Materi pembuatan kuis ini disampaikan langsung oleh Ibu Widyah Noviana, S.Pd., M.Pd., dengan materi “Aplikasi Quizizz” sedangkan Ibu Harumi Widihastuti, S.S., M.M., menyampaikan “Aplikasi Wordwall", dan dimoderatori oleh Ibu Kusumawati, S.IP., MA., serta Ibu Sri Wahyuni, S.Pd.I., M.Pd.I., sebagai fasilitator. Dalam pelatiham ini para guru SMP Islam Hidayatul Athfal sangat antusias menyampaikan pertanyaan-pertanyaan pada saat mempraktekkan aplikasi quizizz dan wordwall. Hal ini dikarenakan selama masa pandemi covid – 19 pada umumnya guru di sekolah ini hanya menggunakan WAG. WAG dimanfaatkan selain untuk memberikan tugas juga untuk melakukan evaluasi pembelajaran secara manual, yaitu dengan diketik di Ms. Word ataupun Ms.Power Point lalu dibagikan di WAG. Maka dari itu, Tim PkM memberikan solusi kepada guru SMP Islam Hidayatul Athfal berupa pelatihan. Berikut kegiatannya:

Hasil dari PkM yang dilakukan di SMP Hidayatul Athfal berupa hasil pembuatan kuis interaktif yang dibuat menggunakan aplikasi quizizz dan wordwall. Guru-guru diminta untuk membuat 3 buah soal pada aplikasi quizizz dan juga wordwall. Berikut salah satu hasil pembuatan kuis interaktif dari beberapa guru yang sudah dilatih:


Setelah pemateri selesai mempresentasikan materi dan mempraktekkan pembuatan kuis interaktif menggunakan aplikasi quizizz dan wordwall, lalu dilanjutkan dengan perwakilan dari masing-masing satu guru untuk mempresentasikan hasil quizizz dan  dan satu guru lagi untuk wordwall. Setelah semua selesai, maka dilakukan penyerahan souvenir dari tim dosen PkM kepada perwakilan guru SMP Islam  Hidayatul Athfal yaitu Bapak Amin dan Ibu Nadya.


Dalam sesi pelatihan ini, semua acara berjalan dengan lancar dan harapan kami dari tim dosen PkM dari Prodi Teknik Informatika, semoga dengan kegiatan PkM ini dapat memberikan manfaat untuk kedua belah lembaga dan hasil pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan para guru khususnya dalam menggunakan dan membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kegiatan ini diakhiri dengan berfoto bersama dengan guru dan mahasiswa. Bentuk pengabdian ini merupakan wujud nyata kepedulian Universitas Pamulang dalam dunia pendidikan di Indonesia

 

 

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube