header-int

Pemanfaatan Big Data Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi

Senin, 09 Agu 2021, 13:35:18 WIB - 410 View
Share
Pemanfaatan Big Data Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi

Pada hari Senin (09/08/2021) pagi ini, Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang mengadakan webinar untuk ketiga kalinya pada semester ini. Webinar yang di ketuai oleh Bapak Maulana Ardhiansyah, S.Kom, M.Kom sekaligus dosen Teknik informatika, dengan tema “Pemanfaatan Big Data Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi”. Dalam acara kali ini, tim seminar mengundang Prof.Dr.Muhammad Zarlis,M.Sc selaku guru besar Fasilkom Teknik Informatika Universitas Sumatra Utara sebagai narasumber pertama, kemudian bapak Aries Saifudin.A.Md,S.T,M.Kom selaku dosen Teknik informatika sebagai narasumber kedua didalam acara webinar ini.

Sebelum acara ini dibuka ada beberapa sambutan-sambutan sebelumnya, yaitu sambutan bapak kaprodi Achmad Udin Zailani, S.Kom.. M.Kom, beliau memaparkan jumlah peserta yang mengikuti webinar ini sejumlah kurang lebih 1.700 mahasiswa dari semester 6 keatas. Kegiatan ini ditayangkan melalui zoom dan live streaming youtube. Sambutan selanjutnya dari bapak dekan fakultas Teknik Syaiful Bakhri, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D , beliau mengapresiasi kegiatan ini karena konsistensi prodi Teknik informatika dalam menyelenggarakan kuliah umum dalam webinar ini dengan tema mengenai big data. Hal ini selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Kemudian beliau juga menghimbau bahwa dengan adanya webinar ini dapat meningkatnya judul-judul dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga mengurangi kejenuhan didalam penelitian mahasiswa dan dosen.

Sebelum acara inti, kegiatan ini dibuka oleh rektor Universitas Pamulang yaitu  bapak Dr. E. Nurzamman AM, M.M., M.Si, yang mengucapkan terima aksih atas adanya kegiatan webinar ini karena tema yang diambil merupakan tema yang sangat dibutuhkan mahasiswa saat ini agar bisa bersaing didunia kerja. Selanjutnya acara inti yaitu sesi pemaparan materi dari kedua narasumber yang di moderatori oleh bapak Hadi Zakaria, S.Kom, M.Kom.

Dalam acara ini Prof.Dr.Muhammad Zarlis,M.Sc memberikan materi tentang pemanfaatan dan implementasi Big Data dalam menangani Covid-19. Materi yang beliau sampaikan sangat menarik karena menjelaskan tentang pemanfaatan big data dalam kondisi pandemic saat ini khususnya di Indonesia.dalam pemaparannya beliau menyarakan adanya pemantauan Covid yang dapat terintegrasi melalui piranti lunak smartphone dengan aplikasi yang dapat di unduh dan disebarkan secara luas. Hal ini untuk tracing pasien covid didaerah tertentu yang terdampak covid, sehingga mempermudah tracing kluster penularan covid-19 dan mengurangi penularan covid-19. Menurut beliau dengan adanya big data dapat membantu mengatasi penyebaran virus corona. Dan beliaupun memaparkan bahwa aspek paling penting dari big data bukan dari banyaknya data melainkan, bagaimana data yang banyak ini dapat berguna dan bermanfaat. Sehingga untuk dapat mendukung terciptanya informasi yang baik dari big data ini di perlukan algoritma-algoritma yang baik agar didapat kilmuan baru dan informasi yang lebih baik dalam mendukung pengambilan keputusan. Serta meningkatnya penelitian-penelitian didalam bidang Big Data.

 

Narasumber kedua yaitu bapak Aries Saifudin.A.Md,S.T,M.Kom,  beliau menjelaskan mengenai jenis-jenis data yang dapat dimanfaatkan. Didalam pemaparannya beliau menjelaskan type data yang dapat diolah yaitu data terstruktur, tidak terstruktur dan data hybrid didalam big data sebagai karakteristik data. Untuk mengolah data ini diperlukan algoritma dan Teknik datamining.  Big Data ini tidak lepas dari machine learning dan artificial intelligent. Jadi menurut beliau peluang memanfaatkan big data dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, membuka peluang kerja, mengurangi produk terbuang selama produksi serta menarik investasi. Selain itu pemanfaatan Big Data  untuk pemulihan ekonomi dapat ditingkatkan dari bidang pertanian untuk memilih lokasi yang baik dalam menanam tanaman yang tepat berdasarkan data yang terkumpul, dari sisi Pendidikan salah satunya dengan menseleksi calon siswa atau mahasiswa berdasarkan profil siswa atau mahasiswa tersebut berdasarkan data mereka, bidang pariwisata dengan melakukan promosi secara online dan bidang Kesehatan untuk mencari rumah sakit yang kosong atau diagnose pasien.

Dengan berakhirnya tanya jawab dari mahasiswa, maka berakhir pula kegiatan webinar kali ini. Kegiatan ini juga diliput oleh SJTV  (Sasmita Jaya TV dengan link Sasmita Jaya TV ) milik Yayasan Sasmita Group. Terima kasih untuk semua tim pendukung seminar yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu. Semoga materi yang disampaikan oleh kedua narasumber dapat bermanfaat bagi kemajuan civitasUniversitas Pamulang khususnya mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang. Untuk melihat kegiatan ini dengan lengkap dapat berkunjung ke link youtube Seminar Teknik Informatika Universitas Pamulang https://www.youtube.com/watch?v=iMHTxSV9bU0.
Oleh : Tim Dokumentasi Seminar Teknik Informatika

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube