header-int

Pengenalan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Berbasis Digital Pada SMP Cahaya Ashilla

Selasa, 05 Jul 2022, 05:37:24 WIB - 60 View
Share
Pengenalan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Berbasis Digital Pada SMP Cahaya Ashilla

Pada perkembangan teknologi yang begitu pesat khususnya di Indonesia, menyebabkan keseharian yang kita lalui selalu berhubungan dengan teknologi tersebut. Pada pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat semester genap tahun 2021/2022 diketuai oleh Iis Aisyah, M.Kom. yang beranggotakan Aulia Ikhsan, M.Kom serta mahasiswa-mahasiswi prodi TI yang ikut berpartisipasi, yaitu Muhammad Dharma Setiawan dan Salman Alparisi.


Gambar 1. Foto Bersama Setelah Kegiatan PKM

PKM dilaksanakan di SMP CAHAYA ASHILLA yang berlokasi di Kampung Garapan RT. 06 RW. 06, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan PKM di SMP CAHAYA ASHILLA ini dikhususkan untuk kalangan remaja yang usianya sepantaran siswa/i SMP, dimana tema yang diangkat adalah “Pengenalan Google Drive”. Dengan melihat kecenderungan siswa – siswi dalam menggunakan perangkat smartphone serta dengan adanya dampak pandemi Covid-19 yang meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran disekolah, sangat dibutuhkan pemahaman terkait pemanfaatan teknologi yang ada. Dengan adanya teknologi seperti ini sangat memudahkan bagi siswa/i SMP untuk mendapatkan ilmu yang mereka perlu atau juga bisa mulai mencoba penyimpanan berbasis cloud baik untuk materi sekolah maupun tugas yang diberikan oleh guru secara online.


Gambar 2. Siswa/i SMP Islam Al-Wasatiyah

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat merajalela di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja. Teknologi informasi yang sering digunakan oleh remaja seperti telepon seluler, video call, media sosial dan berbagai situs penghubung seperti facebook yang sangat membantu sebagai alat multifungsi, karena multifungsi tersebut remaja banyak menggunakan teknologi secara positif maupun negatif. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berkembang pesat saat ini ialah internet. Mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah remaja. Remaja merupakan kelompok masyarakat yang berada pada rentang usia 9-18 tahun. Dilihat dari perkembangan usianya, remaja setingkat SMP merupakan remaja awal yang sedang berada di dalam krisis identitas, cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal baru, mudah terpengaruh oleh teman sebaya (peer group), dan mulai suka memperluas hubungan antar pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa. Oleh karena itu, keberadaan internet terutaman penyimpanan data secara digital dapat memberikan manfaat positif maupun negatif tergantung pada aktivitas online dan kemampuan mereka dalam memilah dan memilih informasi.


Gambar 3. Pemaparan Materi

Dengan memiliki pengetahuan terkait manfaat yang diberikan terkait penyimpanan data digital serta berbagi data digital berbasis cloud. Diharapkan siswa-siswi SMP CAHAYA ASHILLA dapat memanfaat teknologi penyimpanan data digital yang ada dan terlebih berhati-hati dalam membagikan data pribadi ke pihak terkait.

Penanggungjawab Berita/Kegiatan:  Aulia Ikhsan, M.Kom.

Unidha
© 2022 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube