header-int

PENGENALAN PEMANFAATAN GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA (MTs) MATHLAUL ANWAR PAMULANG

Selasa, 22 Nov 2022, 09:17:43 WIB - 55 View
Share
PENGENALAN PEMANFAATAN GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA  (MTs) MATHLAUL ANWAR PAMULANG

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

“PENGENALAN PEMANFAATAN GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MATHLAUL ANWAR PAMULANG”

Tangerang selatan, 10 November 2022. Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang telah melaksanakan kegitan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tema yang di sajikan adalah “Pengenalan Pemanfaatan Google Docs Sebagai Media Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah MTs Mathlaul Anwar Pamulang”. Dimana materi yang disampaikan merupakan program sosialisasi tentang pengenalan pembelajaran daring menggunakan aplikasi google docs sebagai media pembelajaran dalam pengerjaan tugas kelompok pada siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mathlaul Anwar Pamulang sebagai upaya menekan penyebaran covid-19.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pemberian pengetahuan tambahan kepada Siswa/Siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mathlaul Anwar Pamulang.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Teknologi Informatika Universitas Pamulang untuk membagikan ilmu pengetahuan tentang sejarah, pembuatan serta manfaat yang ada dalam aplikasi google docs tersebut, untuk menyalurkan informasi terkait dengan sosialisasi yang dilaksanakan. Dengan adanya program sosialisasi ini yang mana fokus memberikan informasi baik dari sejarah, pembuatan serta manfaat tersebut, diharapkan target siswa/siswi pada kegiatan PKM ini dapat mengetahui tentang sejarah, pembuatan serta manfaat dalam penggunaan fitur-fitur dalam google docs.

Peserta dapat memperoleh informasi tentang berbagai sejarah, Teknik pembuatan serta manfaat dalam pembuatan aplikasi google docs tersebut. Para akademisi di Universitas Pamulang diharapkan dapat menjadi sumber ilmu, penghubung atau interface dengan pemangku kepentingan (stakeholders) serta menjadi center of excellent dalam penyapaian materi tentang pengelan pembuatan aplikasi google docs tersebut.

Dengan terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Pamulang (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), maka bagian terpenting dari pelaksanaan PKM ini adalah tercapainya tujuan yakni memberikan wawasan kepada masyarakat dalam pemakaian aplikasi google docs tersebut.

Program kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan lancar, dan tentunya memberikan dampak positif kepada masyarakat terlebih dalam pemahaman masyarakat bagaimana cara pembuatan aplikasi google docs sehingga dapat memberikan manfaat dalam penggunaan fitur-fitur yang terdapat dalam google docs tersebut.

Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini maka manfaat yang bisa di dapat oleh para masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Siswa/Siswi mengetahui sejarah pembuatan aplikasi google docs.

  2. Siswa/Siswi mengetahui fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

  3. Siswa/Siswi mengetahui cara pembuatan aplikasi tersebut.

  4. Siswa/Siswi mengetahui manfaat dalam membuat aplikasi tersebut.

  5. Siswa/Siswi bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kebutuhan dalam dunia pendidikan.

Akhir dari kegiatan PKM ini ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta kegiatan. Sesi tanya jawab ini digunakan untuk mendapatkan respon peserta serta evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan. Adapun pertanyaan serta rekapitulasi jawaban dari para peserta pelatihan sangat setuju dengan sosialisasi yang dilaksanakan serta menambah pemahaman tentang penggunaan aplikasi google docs.

PENANGGUNG JAWAB BERITA/KEGIATAN :

KELOMPOK PKM:

Ketua
Nama Lengkap                       : Ahmad Nursodiq, S.Kom., M.Kom.
NIDN                                       : 0415028805
 
Anggota (1)
Nama Lengkap                       : Oke Hariansyah, S.Kom., M.Kom.
NIDN                                       : 0405108703
 
Anggota (2)
Nama Lengkap                       : Wiwin Winarti, S.Si., M.Kom.
NIDN                                       : 0431129101

Unidha
© 2023 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube