header-int

Sistem Pendidikan Dan Trend Teknologi Saat Ini Serta Dampaknya Untuk Siswa

Kamis, 07 Jul 2022, 15:51:16 WIB - 146 View
Share
Sistem Pendidikan Dan Trend Teknologi Saat Ini Serta Dampaknya Untuk Siswa

Menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui jurnal “The International Commission on Education for the Twenty First Century” merekomendasikan Pendidikan yang berkelanjutan (seumur hidup) yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses pembelajaran, yaitu : Learning to know (belajar untuk menguasai pengetahuan), learning to do (belajar untuk mengetahui keterampilan), learning to be (belajar untuk mengembangkan diri), dan Learning together (belajar untuk hidup bermasyarakat), untuk dapat mewujudkan empat pilar pendidikan di era globalisasi informasi sekarang ini, para guru sebagai agen pembelajaran perlu menguasai dan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering jumpai adanya pemfaatan dari perkembangan Teknologi dalam dunia pendidikan. Penerapan teknologi di dalam kegiatan pembelajaran ditandai dengan hadirnya e-learning yang dengan semua variasi tingkatannya telah memfasilitasi perubahan dalam pembelajaran yang disampaikan melalui semua media elektronik seperti: audio/video, TV interaktif, compact disc (CD), dan internet (Jamun, 2016: 144).

Adapun teknologi yang digunakan adalah platform konferensi pendidikan seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, dan platform lainnya yang dapat memungkinkan guru untuk mengadakan pembelajaran online secara real-time.
Tanpa adanya platform yang berguna dan koneksi internet yang stabil, mustahil bagi guru dan siswa untuk dapat melakukan pembelajaran di kelas online. Kolaborasi antara teknologi dan pendidikan ini kemudian dikembangkan menjadi EdTech.

Istilah “EdTech” berasal dari kata education dan technology yang menggabungkan arti pendidikan tradisional dan teknologi modern. Tren ini bertujuan untuk meningkatkan proses pendidikan menggunakan alat dan praktik yang berteknologi tinggi. Dengan adanya peluang teknologi baru, maka guru dapat membuat kelas menjadi lebih berguna dan inklusif. Akibatnya, siswa tetap dapat mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan baik tanpa khawatir tentang perubahan rencana pendidikan mereka ke depannya.

EdTech juga memberikan banyak keuntungan bagi siswa, seperti akses 24/7 untuk belajar, meningkatkan kolaborasi dengan orang lain, melakukan pembelajaran mandiri, mempersonalisasi pengalaman pendidikan, dan masih banyak lagi. Selain itu, tren teknologi EdTech juga dapat memberikan manfaat bagi guru dan tenaga pendidik lainnya, seperti menjadi alat manajemen yang berguna, membuat proses pengajaran menjadi efisien, dan lain sebagainya.
Berikut adalah beberapa tren teknologi pendidikan paling penting dalam EdTech.

  1. Konten Video
  2. Platform Ujian
  3. E-learning
  4. Virtual Reality
  5. Chatbot

Masa Depan EdTech. Saat ini EdTech tengah menjadi tren teknologi yang sangat relevan dengan kehidupan di masa pandemi. Perlu diketahui bahwasanya pandemi global akan berakhir suatu hari nanti. Ini kemudian akan memungkinkan orang-orang untuk mulai kembali ke kehidupan mereka sebelumnya, tetapi ini juga tidak menutup kemungkinan dunia tidak kembali sama. Pasalnya COVID-19 telah mengubah hampir semua aspek kehidupan manusia di bumi, baik itu pendidikan, pekerjaan, atau bahkan kehidupan pribadi seseorang. Sehingga, pola tradisional mungkin tidak lagi menjadi relevan di masa depan. Di sisi lain, tren teknologi pendidikan EdTech terus berkembang dengan sangat cepat. Ini kemudian membuat EdTech menjadi sangat mungkin untuk tetap relevan dengan kehidupan di masa depan.  Pelatihan tentang sistem pendidikan dan trend teknologi saat ini serta dampaknya untuk siswa merupakan materi pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini adalah siswa/I SMP YPUI Parung yang memang sangat bermanfaat, terlebih lagi disaat pandemik seperti saat ini, serta semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Sehingga para siswa/I dalam memahami macam-macam platform yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan atau skill para siswa sehingga outputnya adalah kualitas SDM siswa untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai dan mampu bersaing untuk bekerja di perusahaan.

Dosen Pelaksana 

  1. Budi Apriyanto, M.Kom 
    NIDN : 0416048002 
  2. Pacifico Shorea Rotaria, M.M
    NIDN : 0428118803
  3. Enjah Pipit Fitriyadi, M.M
    NIDN : 0301068704

Unidha
© 2022 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube