header-int

Sosialiasi Pemanfaatan Aplikasi Google Family Link Untuk Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Minggu, 23 Mei 2021, 03:34:51 WIB - 164 View
Share
Sosialiasi Pemanfaatan Aplikasi Google Family Link Untuk Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Judul : Sosialiasi Pemanfaatan Aplikasi Google Family Link Untuk Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak Dimasa Pandemi pada Taman Bacaan Masyarakat Matahari Pocis
Penulis : Maulana Fansyuri S.Kom., M.Kom

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia telah mengubah mobilitas manusia. termasuk rutinitas yang dilakukan keluarga. Anak-anak terpaksa harus banyak belajar dan beraktivitas di rumah karena sekolah ditutup. Akibat penerapan Physical Distancing, anak-anak juga tidak dianjurkan untuk bermain dengan teman-temannya di luar rumah. Kebijakan dikeluarkan oleh menteri pendidikan Nadim Makarin bertujuan untuk memutus rantai penyebaran covid 19.
Dengan banyaknya aktivitas dirumah akibat penerapan Physical Distancing maka segala kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak seperti belajar, mencari infromasi, interaksi sosial hingga mencari hiburan seperti bermain dan menonton video banyak dilakukan menggunakan gadget seperti smartphone. Dengan banyaknya aktivitas menggunakan gadget, mengakibatkan anak-anak menjadi kecanduan dengan gadget.
Saat ini banyak dijumpai anak-anak usia sekolah menggunakan gadget khususnya smartphone. Selain untuk media pembelajaran, anak - anak sekolah lebih sering menggunakan aplikasi game, aplikasi video streaming dan media sosial dalam aktifitas menggunakan smartphone. Melihat fenomena ini anak - anak menjadikan sangat rawan terhadap penyerapan segala konten dan informasi negatif, yang bisa berdampak buruk bagi perkembangan mental dan perilaku anak.
Melihat banyaknya fenomena anak-anak yang mulai kecanduan gadget, Tim Dosen Program Studi teknik Informatika Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksasanakan pada lembaga organisasi masyarakat yaitu Taman Bacaan Masyarakat Matahari Pocis yang beralamat di jalan Amd Babakan Pocis 3, RT 001 / RW 001, Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Setu - Tangerang Selatan, yang dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 April 2021. Tema yang diangkat dalam kegiatan PKM ini adalah sosialisasi pemanfaatan aplikasi Google Family Link pada teknologi smartphone untuk membatasi penggunaan gadget pada anak dimasa pandemi.
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan oleh Dosen Universitas Pamulang dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain melakukan proses pembelajaran, dosen juga diwajibkan melakukan penelitian sesuai bidang ilmu yang dimiliki serta diwajibkan menyebar luaskan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat berupa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat agar masyarakat juga mendapatkan manfaat dari ilmu yang dimiliki oleh dosen. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Taman Bacaan Msyarakat Matahari Pocis dan diikuti oleh para orang tua dan anak-anak anggota taman bacaan masyarakat serta dihadiri oleh pembimbing taman bacaan masyarakat tersebut.

Proses pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pemaparan materi dan pelatihan penggunaan aplikasi Google Family Link yang dilakukan oleh tim dosen Universitas Pamulang yaitu Maulana Fansyuri, Devi Yunita, Nurhasanah, Khoirunnisya, Shelvi Eka Tassia dan dibantu beberapa mahasiswa Universitas Pamulang.
Setelah pemberian materi dan pelatihan penggunaan aplikasi, Tim PKM mengadakan interaksi secara langsung kepada peserta PKM terkait materi dan pelatihan yang telah diberikan, dengan tujuan agar para peserta benar-benar memahami materi yang diberikan dan dapat menggunakan aplikasi Google Family Link dengan baik, jika ada peserta yang kurang paham, maka Tim PKM akan menjelaskan kembali materi dan pelatihan penggunaan aplikasi agar peserta tersebut benar-benar memahami materi dan penggunaan aplikasinya.
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mendapatkan antusias yang besar dari anggota Taman Bacaan Masyarakat Matahari Pocis. Harapan kami selaku Tim PKM Dosen Universitas Pamulang agar kegiatan PKM dengan tema ini dapat juga diterapkan kepada masyarakat luas sehingga orangtua dapat memahami pentingnya anak-anak agar terhindar dari kecandauan gadget dan dapat terus memantau kegiatan anak-anaknya saat menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.


PENANGGUNG JAWAB BERITA/KEGIATAN :
Maulana Fansyuri S.Kom., M.Kom

 

 

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube