header-int

Sosialisasi internet dikalangan remaja untuk meminimalkan dampak negatif dari berinternet pada SMP I

Rabu, 10 Nov 2021, 09:15:50 WIB - 92 View
Share
Sosialisasi internet dikalangan remaja untuk meminimalkan dampak negatif dari berinternet pada SMP I

Judul Berita/Kegiatan:  Sosialisasi internet dikalangan remaja untuk meminimalkan dampak negatif dari berinternet pada SMP Islam Al-Wasatiyah 
Penanggungjawab Berita/Kegiatan:  Ria Ester, M.Kom.

Di era teknologi yang sangat berkembang pesat saat ini, internet, social media bukan lagi hal yang baru karena di setiap keseharian kita pasti berhubungan dengan hal tersebut. Pada pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat semester ganjil tahun 2021/2022 diketuai oleh Agung Siswopranoto, M.Kom. yang beranggotakan Aulia Ikhsan, M.Kom., Galuh Saputri, M.Kom., Iis Aisyah, M.Kom., Ria Ester, M.Kom. serta mahasiswa-mahasiswi prodi TI yang ikut berpartisipasi, yaitu Muhammad Naufal Sepriwenda, Dede Fahrurozi, Fadhie Haiqal Reza, Achmad Aditiya Rizki, dan Fajar Muhammad Sidiq.


Gambar 1. Foto Bersama Setelah Kegiatan PKM

PKM dilaksanakan di SMP ISLAM AL WASATIYAH yang berlokasi di Jl. Masjid Assolihin Kp Dongkal RT 02/03 Kelurahan Cipondoh Indah Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Kegiatan PKM di SMP ISLAM AL WASATIYAH ini dikhususkan untuk kalangan remaja yang usianya sepantaran siswa/i SMP, yang sesuai dengan temanya, yaitu “Sosialisasi Internet Dikalangan Remaja”. Apalagi dengan adanya dampak pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan teknologi siswa-siswi SMP dapat mendapatkan berbagai situs edukasi pembelajaran seperti disekolah. Dengan adanya teknologi seperti ini sangat memudahkan bagi siswa/i SMP untuk mendapatkan ilmu yang mereka perlu atau juga bisa mulai mencoba belanja keperluan sekolah secara online.


Gambar 2. Siswa/i SMP Islam Al-Wasatiyah

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat merajalela di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja. Teknologi informasi yang sering digunakan oleh remaja seperti telepon seluler, video call, media sosial dan berbagai situs penghubung seperti facebook yang sangat membantu sebagai alat multifungsi, karena multifungsi tersebut remaja banyak menggunakan teknologi secara positif maupun negatif. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berkembang pesat saat ini ialah internet.
Gambar 3. Pemaparan Materi dari Mahasiswa/i

Mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah remaja. Remaja merupakan kelompok masyarakat yang berada pada rentang usia 9-18 tahun. Dilihat dari perkembangan usianya, remaja setingkat SMP merupakan remaja awal yang sedang berada di dalam krisis identitas, cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal baru, mudah terpengaruh oleh teman sebaya (peer group), dan mulai suka memperluas hubungan antar pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa. Oleh karena itu, keberadaan internet dapat memberikan manfaat positif maupun negatif tergantung pada aktivitas online dan kemampuan mereka dalam memilah dan memilih informasi.


Gambar 4. Pemaparan Materi dari Dosen

Dengan memiliki pengetahuan akan pentingnya berinternet sehat, apa saja yang termasuk informasi palsu yang membahayakan, mengenai cyber bullying, plagiasi dan bahayanya pornografi, dan kecanduan gaming. Diharapkan siswa-siswi SMP Islam Al-Wasatiyah dapat lebih berhati-hati dalam berinternet dan lebih bijak dalam menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing siswa/i SMP.


Gambar 5. Foto Bersama Guru dan Dosen Serta Penandatanganan Surat Kerjasama

 

Unidha
© 2021 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube