header-int

SOSIALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PEMASARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE

Selasa, 22 Nov 2022, 09:35:58 WIB - 80 View
Share
SOSIALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PEMASARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE

SOSIALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PEMASARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE GUNA MENDUKUNG PERKEMBANGAN UMKM DI DESA DANGDANG TANGERANG BANTEN
 
Tangeran Selatan, 13 November 2022. Tren Digital Marketing di Indonesia semakin pesat dan berkembang sangat cepat. Kenyataan ini tidak lepas dari pertumbuhan dan maraknya toko online maupun berbagai jenis bisnis secara online. Bahkan para pengguna internet mayoritas memilih transaksi secara online dibandingkan harus berbelanja ke pasar, super market atau mall. Pada pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat semester ganjil tahun 2022/2023 diketuai oleh Aulia Ikhsan, M.Kom. Beranggotakan Iis Aisyah, M.Kom dan Cendra Harmon, M.Kom serta mahasiswa-mahasiswi prodi TI yang ikut berpartisipasi, yaitu Ikhwan Naufal Yupi dan Muhammad Fahmi.
 

Gambar 1. Foto Bersama Setelah Kegiatan PKM
 
PKM dilaksanakan di Dasa Dangdang yang berlokasi di RT 01/ RW 01, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Dibawah pimpinan ketua RT Bapak Surganda. Kegiatan PKM di Desa Dangdang ini dikhususkan untuk kalangan ibu-ibu yang latar belakangnya selain ibu rumah tangga juga berjualan, dimana tema yang diangkat adalah "Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Untuk Pemasaran Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi Shopee Guna Mendukung Perkembangan UMKM". Dengan melihat kecenderungan ibu-ibu dalam menggunakan perangkat smartphone serta dengan adanya dampak pandemi Covid-19 yang meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam proses mencari pencaharian, sangat dibutuhkan pemahaman terkait pemanfaatan teknologi yang ada. Dengan adanya teknologi seperti ini sangat memudahkan bagi ibu-ibu desa dangdang untuk mendapatkan ilmu yang mereka perlu atau juga bisa mulai mencoba berjualan dagangannya secara online.
 

Gambar 2. Peserta PKM mengoprasikan Shopee
 
Desa Binaan merupakan program pemerintah guna membangun masyarakat dengan kriteria yang memenuhi sebagai desa binaan. Pengembangan desa binaan adalah salah satu pilihan strategis untuk menunjang kepentingan pembangunan nasional secara merata. Dengan meningkatnya perkembangan teknologi, sehingga dibutuhkan peningkatan pemahaman serta pemanfaatan teknologi yang dapat menjadi penggerak revolusi industri 4.0 lantaran menjanjikan banyak kemudahan bagi sektor pemerintah maupun industri.
 
Ekspansi pasar yang tidak hanya dijalankan melalui cara konvensional namun juga pemanfaatan dunia digital tidak bisa dipungkiri. Pemasaran produk secara digital menjadi pilihan alternatif di tengah masyarakat untuk mengembangkan pasar tanpa membutuhkan modal dagang yang besar. Untuk Desa Dangdang terdapat beberapa permasalahan pada warga diantaranya, tingkat pendapatan warga per hari yang tidak terlalu besar dan juga akses menuju desa yang hamper 95% dalam keadaan rusak parah sehingga cukup sulit untuk melebarkan bisnis UMKM secara konvensional. Maka dibutuhkan cara untuk meningkatan pemahaman agar bukan hanya mengetahui namun juga dapat mengaplikasikan secara baik serta mengetahui betapa pentingnya pemanfaatan teknologi untuk terus berkembang sehingga mampu bersaing di era teknologi 4.0.
 
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat merajalela di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja. Teknologi informasi yang sering digunakan oleh remaja seperti telepon seluler, video call, media sosial dan berbagai situs penghubung seperti facebook yang sangat membantu sebagai alat multifungsi, karena multifungsi tersebut remaja banyak menggunakan teknologi secara positif maupun negatif. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berkembang pesat saat ini ialah internet.
 
Mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah remaja. Remaja merupakan kelompok masyarakat yang berada pada rentang usia 9-18 tahun. Dilihat dari perkembangan usianya, remaja setingkat SMP merupakan remaja awal yang sedang berada di dalam krisis identitas, cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal baru, mudah terpengaruh oleh teman sebaya (peer group), dan mulai suka memperluas hubungan antar pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa. Oleh karena itu, keberadaan internet terutaman penyimpanan data secara digital dapat memberikan manfaat positif maupun negatif tergantung pada aktivitas online dan kemampuan mereka dalam memilah dan memilih informasi.
 

Gambar 3. Pemaparan Materi
 
Dengan memiliki pengetahuan terkait manfaat yang diberikan terkait berjualan di toko online. Diharapkan ibu-ibu Desa Dangdang dapat memanfaatkan Shopee yang ada dan dapat meningkatkan penghasilan bagi keluarga.
 
 

Penanggung jawab Berita/Kegiatan:  Aulia Ikhsan, M.Kom.

Unidha
© 2023 Fakultas Teknik Informatika Follow Teknik Informatika : Facebook Twitter Linked Youtube